Di Sebalik Punggungku : Noken, Keberagaman dan Peradaban..

“Saya Mak Cenopy mencoba menghayati kemaknaan filosfi Noken.”

Adalah Noken sebuah tas yang dirajut langsung dari serat-serat pohon yang sangat kuat oleh mama-mama Papua. Noken adalah representasi kedamaian, persatuan dan kesuburan. Dari sekitar 250 suku di Papua yang berbeda dialek dan ritual budaya, semuanya memiliki, menggunakan noken untuk berbagai keperluan.

Karena selalu membawa pesan damai dan persatuan, noken selalu bisa dikenakan dimana saja. Dengan meluasnya penggunaan, noken yang sudah sangat multifungsi diantaranya dipakai membawa sayuran, kayu bakar, babi bahkan dipakai untuk menggendong anak-anak, noken juga dapat saya kenakan kemana saja untuk belanja, membawa laptop, buku dan sebagainya.

Kini semangat yang melekat pada noken sangat menginspirasi saya wanita Indonesia yang hidup di era digital yang sangat lekat dengan gawai. Berbagai konten negatif dan ujaran kebencian sering saya saksikan di lini masa media sosial. Berdiam sejenak selepas dan sebelum membagikan sebuah konten adalah salah satu cara jitu saya untuk memberi waktu memfilter informasi.
Detik-detik senyap itu menghadirkan kesempatan untuk berpikir dari berbagai sudut pandang, menajamkan logika, mempertanyakan dengan kritis berbagai poin konten, hingga meredakan emosi apabila konten tersebut sangat menyulut emosi. Kebiasaan yang dilakukan secara berulang ini terbukti mampu memfilter aneka informasi negatif, hoax dan disinformasi.
Dan inilah saya, yang menyambut positif #FestivalMediaAJI yang bertema “Bagaimana mengelola Informasi negatif, fitnah dan ujaran kebencian yang mewarnai media sosial sebagai bagian dari Indonesia yang beragam.”
#UntukIndonesiaMaju saya mendukung penuh kegiatan ini. 😊

Terimakasih Papua, khususnya Mama-mama Papua yang banyak mengajarkan kepada saya, yang katanya mahmud (mamah muda) zaman now. Namun dapat sepintas saja di tengok beban dipunggungnya, sangat tak sebanding dengan mama-mama di Papua bukan? 😅

*Ini adalah secarik laman yang saya ikutkan dalam Festival media Aji. Dalam rangka mengasah konten diwaktu singkat :p

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s