♥ Misi Hidup Spesifik ♥

Ini dia yang ditunggu-tunggu dan bikin penasaran, apa gerangan NHW#8. Di Ibu profesional, walaupun dapet pr yang cukup berat, tapi tetap saja selalu kangen dan kepoh maripoh ho ho untuk mengerjakannya. Entah disemprotkan wangian apa, sehingga rasanya tak pernah bisa mup on kepengen lagi dan lagi, setidaknya itu yang saya sendiri rasakan.

NHW 8 ini, masih satu sumbu dengan NHW-NHW sebelumnya, terutama NHW #7 bahkan sangat mungkin sumbu berlanjut di NHW terakhir. Tinggal menunggu nyala apinya apa di NHW terakhir…hihihi semangat sekaligus merinding. 😀

Ini dia rangkuman materi pekan 8, Tentang misi spesifik hidup dan produktivitas :

Screen Shot 2018-03-14 at 12.44.15 PM

Resume materi matrikulasi 8 dalam infografis oleh sinicenopy

Dan ini adalah 4 elemen yang amat saya sukai di pekan ini, sebuah cemilan yang disampaikan oleh mak Fasil setelah pemberian NHW :

IMG-20180314-WA0023

camilan dari mak Fasil tentang 4 elemen berkaitan dengan misi hidup dan produktivitas.

Determinasikanlah diri (mau jadi apa secara spesifik di alam semesta ini dan mampu dicapai dalam kurun waktu tertentu)→lakukan apa yang perlu dilakukan agar tercapai posisi ini→Hasilkan karya yang harus dicapai dan bagian terakhir : definisikan cara terbaikmu dalam melayani orang banyak. Masyaallah ♥

Sudah jelas, tujuan hidup seperti ini bukanlah tujuan hidup tak jelas alias abal-abal. Ini adalah tujuan hidup manusia bertaqwa yang mukhlisien.

Be– kualitas mental yang seperti apa yang harus saya install di dalam jiwa dan kepala saya dalam rangka mencapai tujuan saya.

Do– hal pertama apa yang dapat saya lakukan, lalu apa lagi hal yang perlu saya perbuat agar maju terus secara progresif mendekati titik tujuan/posisi yang saya cita-citakan tersebut.

Have– Hasil karya apa yang dapat saya hasilkan, dan bagaimana saya dapat yakin/mengetahui saya bisa menghasilkannya?

GiveBagaimana cara saya agar apa yang saya cita-citakan, upayakan dan hasilkan ini dapat bermanfaat bagi orang lain. ♥

Apa Yang Ingin Saya Capai Dalam Kurun Waktu Kehidupan Saya di muka bumi ( lifetime purpose)

Dalam Kitabullah, life purpose dudah digariskan, bahwa tujuan diciptakannya manusia telah memiliki maksud, dijelaskan sebagai berikut :

Screen Shot 2018-03-14 at 3.06.49 PM.png

Fitrah Based Education, Harry Santosa, hal 16.

Sebagai seorang yang senang menyendiri dan berpikir jauh yang seringkali menerka-nerka sok tau sendiri menggunakann intuisi tentang alam sekitar, saya pun diberikan suguhan yang sesuai di hasil ST-30.

Adalah Visionary, sebuah karakter berkaitan dengan pandangan jauh tentang hidup yang amat saya hargai dari diri saya. Jujur saja bobot penghargaan ini lebih saya sematkan sejak saya mengetahui hasil strength saya berkali-kali selalu memasukan Visionary. Saya tak terlalu banyak berimajinasi, sebetulnya amat sangat analitis, namun dengan perbedaan mendasar di apa yang saya analisa. Saya senang menganalisa pengalaman hidup baik yang saya alami sendiri maupun yang dialami orang lain. Saya jatuh hati kepada al-hikmah. Sebuah proyeksi yang diberikan Tuhan semesta alam kepada manusia yang mau menagambilnya. saya selalu berbinar mendengar kisah, pengalaman, ilmu apapun yang berkaitan dnegan hikmah dan filosofi hidup, dan seolah mengenal sosok-sosok orang yang paham dan memiliki penglihatan jauh pula saya sennag menatap mereka orang-orang yang wajahnya tunduk namun memiliki pandangan jauh. Penghormatan dan salam keselamatan kepada mereka semua ♥

Dalam mengerjakan NHW tentang life time purpose beginilah sebelumnya yang telah saya tulis (di NHW 2)

VISI HIDUP :

Menjadi manusia beriman dan bertaqwa yaitu yang mengikuti petunjuk Tuhan dan menggunakan petunjuk itu sebaik-baiknya dengan penuh kesungguhan hingga menjadi manusia bermanfaat (beramal kebajikan).

Saya melakukan proses pelamaran/pengajuan kepada Allah tentang harapan ini (propsing). Pengajuan ini sangatlah berkaitan erat dengan kesungguh-sungguhan (jahadu) yang diartikan sebagai sebuah nilai-nilai profesionalisme kebajikan.

slide_8.jpg

Doa Nabi Ibrahim dan Ismail saat mempersempahkan hasil karya “Ka’bah” kepada Allah

Nabi Ibrahim mengajukan kepada Allah hasil berupa sebuah karya besar, yang hingga kini peristiwa tersebut diabadikan sebagai ibadah terbesar pula yaitu Haji. Keluarga nabi Ibrahim, adalah role model siapapun jiwa beriman yang mengikuti jalan menuju Tuhan yang sesuai petunjuk dan menjelmakannya ke dalam keluarganya.

Dan saya pun mulai merenungi diri, apa sebenarnya ibadah besar saya. Ibrahim sebagai bapak Fitrah kehidupan, sebagai pelaksana ketauhida-an telah memberi contoh.  Malu rasanya untuk menuliskan berbagai rencana besar dalam hidup saya di dalam tulisan ini. Tapi saya sudah berkomitmen untuk menjadikan ini media penulisan apapun yang bermanfaat yang bisa saya hasilkan. Dan kali ini tantangannya adalah menuliskan visi besar itu.

Sesuai visi yang telah diteguhkan diatas, yang insyallah disarikan dari kitab petunjuk Illahi, maka sayapun akan membuatnya menjadi spesifik/fokus seperti ini : “Menjadi seorang ahli yang membumi, yang ikhlas (fokus) mengabdikan ilmu di bidang yang telah saya tentukan di jurusan brain and mind science, family neuroscience, yang mendasarkan ilmu dari sisi fitrah manusia dan alam semesta. Semoga apa yang saya ikrarkan dan torehkan di lubuk jiwa ini dapat saya wujudkan kebenarannya di hadapan Allah.

Perencanaan Strategis 5 Tahunan

Strategic Plan saya adalah 5 tahun kedepan. Kehidupan yang selau dinamis membuat saya merancang  terjauh untuk diri saya di per lima tahunan, wallahu’alam panjang usiakah atau tidak nantinya.

Sesuai milestone yang telah dibuat (di NHW #4) :

Saya memilih sebagai fokus adalah dunia : Pembobotan jam terbang dari dunia keseharian dalam mendidik anak (neuroscience for kids). Saya memilih home-education bagi anak-anak. Walaupun anak-anak saya izinkan bersekolah umum bila mana mereka menginginkan. Seperti Ajo yang ingin sekali sekolah disuatu TK. 🙂

Untuk memiliki >10.000 jam terbang dalam rangka mencapai titik tujuan peranan saya. Yaitu ahli di bidang neuroscience for kids (neurodevelopmental) dan atau human ecologist (bidang keluarga dan pengasuhan anak). Untuk itu saya menetapkan jalurnya sebagai berikut (over view) :
KM 0 : Tahun 2017 resign/keluar dari “zona nyaman”
KM 0 – KM 1 ( tahap Plan and propose ) : Mempelajari keilmuan dasar/pondasi secara global. Menetapkan jalur Bunda Sayang, Bunda Cekatan, Bunda Produktif dan Bunda Saleha. Tahun 2018 (6 bulan pertama).
KM 1 – KM 2 (6 bulan berikut 2018-tahun berikutnya ) : Pengamalan indikator selama 24 jam KM1-2 sesuai jam terbang, membuat dokumentasi tertulisnya, melakukan pembelajaran langsung pada para ahlinya. Mencari buku ataupun karya hasil pandangan mereka, menjalankan hasil penelitian ke bentuk nyata (pengamalan). Menjalin networking tahap awal.
KM 2 – KM 3 (tahun 2019 ) : Sudah menghasilkan karya nyata, tengah menjalani spesifikasi melebihi praktisi, naik level peneliti, konselor, dll dibidang ini. Menjalankan secara paralel dengan dunia bisnis, sosisal,seni, budaya. (perintisan demi perintisan)
KM 3 – KM 4 ( tahun 2019-dst) : Terus berkarya, kian meluas manfaatnya. Project-project dan brand value tengah bekerja.

Hari demi hari yang dilalui sangatlah mahal harganya, sehingga saya merasa tiap jam begitu bermakna untuk melakukan aktivitas terencana, produktif, mendalam dan komprehensif. Untuk mewujudkan hal ini, sebagaimana telah saya urai di NHW-NHW terdahulu, bahwa saya harus “selesai” dengan urusan domestik (: tantangan) non pendidikan anak. Yang kedua saya akan menempuh waktu cukup lama di saat permulaan (plan & propose).

Dan inilah Renstra saya :

screen-shot-2018-03-14-at-3-32-42-pm.png

Renstra Irnova

1 Year Resolution

  • Mencapai indikator di NHW#2 (indikator sesuai visi misi hidup) terkhusus yang berhubungan dengan jurusan kehidupan yang dipilih. —–>sudah dibuat sangat komprehensif. (NHW tersulit dan terlama bagi saya saat memulai untuk mengerjakan)
  • Menjalani Time Line yang sudah dibuat di NHW #6 dan desain pembelajaran NHW#5
  • Memulai dan menuntaskan fase Plan and propose
  • Me-relesase 1 buku motivasi terkait fitrah manusia terkait hubungannya dengan penciptaan tubuh dan pendidikan-peranan hidup manusia.

Inti 1 tahun kedepan adalah do, do and do it!

Be

1 tahun dari sekarang : Mental seorang home educator berbasis fitrah manusia, mendidik kejernihan jiwa dan pikiran dengan diperkaya ilmu neuroscience for family, for kids.

Penulis yang membumi dibidang yang digeluti. Mental jernih tak menghakimi, tak masalah di kritisi, gamblang dan komprehensif dalam bukunya. Influencer dibidang yang digeluti dan seorang neuroscientist Indonesia (Ya Allah berat banget, malukk lahir batin ya Allah)

Do

Melakukan (MISI) apa yang termaktub di Renstra.

Have 

Memiliki apa yang termaktub di Renstra. Karya-karya berupa :

Screen Shot 2018-03-14 at 3.57.04 PM.png

“To have” Irnova

To Give

Masyaallah, inilah yang akan menjadi tujuan dari serangkaian proses fokus saya dalam suatu misi spesifik hidup saya. Untuk memberi kebermanfaatan menanam benih-benih kebajikan dalam keilmuan dibidang fitrah manusia, neuroscience dalam aplikasinya di pendidikan anak dan keberlangsungan keluarga. Semoga Allah meridhai, memberikan kekuatan kepada saya untuk mewujudkan misi ini.

Apa yang menjadi isian to have, akan menjadi bagian yang sama dalam to give :).


NHW #8 ini alhamdulillah saya tuntaskan lebih cepat, proses NHW-NHW sebelumnya yang dibuat sungguh-sungguh ternyata banyak menolong dalam mengerjakan NHW lanjutan. Apa yang saya tuliskan di NHW ini sesungguhnya apa yang telah dibakukan di NHW-NHW sebelumnya, perbedaannya hanya di beberapa istilah saja. Bagi saya, kuncinya adalah saat mengerjakan NHW#2 dengan sangat komprehensif dan mendetil. Hal ini lah yang membuat NHW di akhir menjadi jauh lebih ringan. NHW#2 itu sebetulnya printilan aplikasi dari visi besar dan sudah masuk ke how to (aka misi-misi spesifik terukur). 🙂

Dan kini saya bisa fokus ke agenda non stop yang saat ini masuk ranah produktif sampai Ramadan tiba, festival berbenah di rumah sudah berlangsung. Saya harus menyelesaikan berbagai tugas terlebih dahulu agar minim distraksi dari diri sendiri hahaaayy !semangattt!!! 🙂

Berikut NICE HOMEWORK #8, yang “memaksa saya” membuat perencanaan sejauh diatas. Semoga hari demi hari menujukan berjalannya misi saya secara produktif 🙂

*MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS*

Bunda, setelah di materi NHW#8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :
1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)
3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulsi IIP/

 

 

  1 comment for “♥ Misi Hidup Spesifik ♥

  1. 14 Maret 2018 pukul 7:26 pm

    Wah harus ditiru nih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: