Tim Tanak Nasi :D

“Jo, ayo masak nasi.” disaat ia sedang sibuk bermain lego saya memintanya memasak nasi.

Lego adalah ranah binarnya. Dan memasak nasi sebetulnya juga pekerjaan rumah yang ia pilih sendiri menjadi bagiannya. Ia senang masak nasi lantaran menggunakan mesin (rice cooker/magic com).

Berhubung fokusnya masih ke Lego, saya tawarkan kepada adik,

“Dik, mau masak nasi sama bunda ?” tanya saya pada Adik.

“Mau” Adik langsung meraih tangan saya dan turut berjalan menuju dapur.

Tak berapa saat ajo dan ayah sudah muncul pula di dapur. Ajo berkata :

“Ajo yang mencet ya, adik yang ambil beras, bunda yang cucinya.” Ia langsung memarkirkan telunjuk diatas tombol-tombol magic com.

Adik hingga ternganga nganga bersemangat mencoba memasukan beras ke dalam wadah magic com, dilanjutkan mencucinya, dan terus saja berujar “Arsha aja..Arsha aja…” meminta ia diizinkan mandiri mencoba.

P_20190616_192751_vHDR_Auto

adik menuang beras ke dalam panci/wadah tanak magic com

Ayah yang tak bisa mengelak menyaksikan kesibukan istri dan anak-anaknya yang kecil-kecil bersemangat membantu, tak ingin ketinggalan aksi tim tanak nasi. Ayah pun ikut turun tangan dengan mengambil lap untuk mengelap wadah beras pabila basah selepas mencuci beras.

Saat mencuci beras adik melihat permukaan jari-jari dan diantara jari-jarinya tertempeli beras-beras. Agar beras itu lepas, ia ayun-ayunkan tangannya. Bunda pun memberitahunya “Dik, bukan begitu caranya, begini caranya” sambil menunjukan cara melepaskan beras-beras yang menempel di jari-jari dengan mencelupkan tangan ke air beras. Adik mencobanya, namun sebagaimana anak usia dini 2-3 tahun yang masih memiliki koneksi saraf dan sinaps otak yang terus tumbuh dan memadati otak secara acak, ia pun kembali mengulangi mengayun-ayunkan tangannya.

“Dik, pakai air, begini ni lihat bunda.” Kembali saya mengulang sambil menunjukan caranya.

Tak berapa lama adik menyalakan kran, dan membersihkan jarinya dari beras-beras yang menempel. Airnya tetap masuk ke dalam wadah beras. Ternyata ia menemukan caranya sendiri 🙂 🙂

P_20190616_192905_vHDR_Auto

Adik mencuci beras

Benar saja, selepas menakar air untuk beras, bunda dan adik mengantarkan wadah magic com kepada ayah dan ajo yang sudah menunggu di depan magic com. Ayah berlanjut mengelapnya dan ajo kemudian melakukan eksekusi akhir memencet tombol-tombol cooking dan menyetting waktu masak.

P_20190616_192730_vHDR_Auto

ajo si tukang pencet ;p

Dari proses menanak nasi yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga ini, anak-anak sangat menikmati dan terpenuhi kebutuhan mentalitasnya. Mereka melakukan pekerjaan rumah, rutinitas sambil belajar mengalami prosesnya dan dari proses ini, kami dapat memasuki topik pangan maupun kesyukuran kepada Rabb sang pencipta dan pemberi rizki.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: