Pojok dan Kelas Gambar Anak ASA

Persiapan Pembukaan Kelas Gambar Anak

Pagi-pagi setelah sarapan, ajo membahas menu pendidikan rumahannya. Ia yang kerap menyatakan selepas Tk B akan homeschooling pun telah menjalani 2 model pendidikan di sekolah formal maupun di pendidikan alternatif. Saat ini mneunya bertambah. Dan di 3 bulan yang lalu, saat mengamati perkembangan fungsi eksekutif otak anak, bunda melihat ranah perencanaan, persiapan sudah dapat lebih intens dimasukan dalam menu keseharian ajo. Maka dalam tiap projectnya, bunda meminta anak-anak yang lebih aktif menyiapkan sejak awal.

Adanya kak Siva, anak berusia 8 tahun, ajo 5,5 tahun dan adik 3 tahun membuat keragaman persiapan project mereka semakin menarik. Pembagian tugas sesuai kemampuan pun sangat diperlukan. Ajo dan kak Siva sudah tau langkah-langkah apa saja yang di perlukan untuk melapak. Tinggal lebih menyeharikan proses mereka, dan ini bukan pekerjaan sehari dua hari, atau sebulan dua bulan. Adik masih didampingi bunda, apa yang kiranya sudah dapat ia lakukan, dan adik senang sekali dilibatkan! Apalagi kalau bukan karena si paling bontot ini beberapa kali sempat merasa tidak bisa ikut bermain atau terlibat nyata di project-project kakak-kakaknya.

Apa Saja Persiapan yang mereka lakukan :

  • Mempersiapkan meja
  • papan informasi
  • kertas catatan
  • kertas gambar (kertas bekas kantor)
  • alat gambar dan alat mewarnai
  • gelas plastik minuman dingin (karena untuk anak, dan ini tidak sekali pakai seperti plastik es)
  • dll

Kelas Gambar dan Berjualan

Awal-awal lapak mereka lagsung didatangi 2 orang teman. Keduanya tak membawa uang (tepatnya kehabisan uang jajan hahaha). Tapi keduanya langsung tertarik membeli minuman dingin. Ajo dan Kak Siva sigap melompat menyebrangi ruang tengah menuju dapur. Diambillah 2 gelas plastik sesuai warna. Warna biru untuk anak lelaki, warna pink untuk anak perempuan. Dimasukanlah sirup-sirup alami itu ke dalam gelas, berikut balok-balok es berjumlah 3 butir saja. Apa yang mereka lakukan lantaran di rumah, saya sering membatasi jumlah es yang diminum dalam suatu minuman.

Baru saja mendarat di 2 tangan bocah-bocah, minuman dingin itu sudah memenuhi lambung-lambung mereka menyisakan pemandangan gelas kosong hi hi hi.

2 anak ini rupanya duduk ingin menggambar. Mereka sejenak memperhatikan bagaimana ajo menggambar, kelas gambar singkat pun di mulai. Kedua pengajar cilik mengajarkan bagaimana teknik menggambar mudah, bagi siapapun yang merasa belum bisa menggambar menggunakan palm drawing. Mereka yang sejak awal meminta transaksi non tunai alias hutang, meminta ikut kelas gambar dan mewarnai. Siva sang pencatat menulis jumlah pesanan 2 anak ini dan mulai menghitung. Yang satu nilai transaksi totalnya berupa : beli gambar, es sirop dan belajar gambar sebesar Rp. 3.500,-. Yang lainnya sebesar Rp.3000,- Rupiah. Datang lagi 2 orang yang salah satunya memesan es sirup dan meminta lembar gambar mewarnai, ia membayar tunai Rp.2000,- dan anak satunya berhutang Rp.2000,-. Catatan Siva tak tuntas, karena ia belum memahami bahwa setiap transaksi non tunai wajib di catat. Di saat akhir project mereka, memang akhirnya Siva diminta menuliskan yang belum tertulis, dan terbukti ia lupa persis-persisnya.

 

 

WhatsApp Image 2019-07-12 at 18.57.49

Pojok ASA (ajo Fiqar Siva adik Arsha)WhatsApp Image 2019-07-12 at 18.57.53

Akhir Kelas Gambar

Sebelum membereskan sisa-sisa pojok gambar ASA, mereka merayakan keberlangsungan project mereka dengan menghadiahi diri masing-masing es sirop dingin. Hahaha, good job untuk menunda hadiah ini sampai akhir anak-anak.

Ranah Stimulasi Yang diamati dari Project Ini

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: